Advertisement

Responsive Advertisement

Suara Demokrasi (Materi Modul P5)

 

A. DEMOKRASI

1. Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Demos” dan “Kratos”. Demos bermakna rakyat atau khalayak, sementara Kratos bermakna pemerintahaan.

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat dan dijalankan oleh pemerintah yang dipilih oleh rakyat. Demokrasi juga dapat diartikan sebagai sistem pemerintahan yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.

2. Ciri – Ciri Demokrasi

Ciri-ciri demokrasi singkat:

  • Kedaulatan rakyat

            Rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi

  • Pemilihan umum yang bebas dan adil

            Rakyat memiliki hak untuk memilih dan dipilih

  • Perlindungan hak asasi manusia

            Semua warga negara memiliki hak asasi manusia yang sama, tanpa memandang ras, agama,                     jenis kelamin atau status sosial.

  • Pemisahan kekuasaan

            Kekuasaan negara dibagi menjadi tiga cabang, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  • Kebebasan berpendapat dan berekspresi

            Warga negara memiliki hak untuk berpendapat dan berekspresi secara bebas.

  • Supremasi hukum

            Hukum berlaku sama bagi semua warga negara, tanpa memandang status sosial.


3. Prinsip – Prinsip Demokrasi

  • Kekuasaan rakyat
  • Persamaan hak
  • Pemilu yang jujur dan adil
  • Pemisahan kekuasaan
  • Hak asasi manusia

4. Bentuk Demokrasi di Sekolah

Demokrasi di sekolah adalah penerapan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Demokrasi di sekolah dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, antara lain:

A.Pemilihan ketua kelas

Pemilihan ketua kelas merupakan salah satu bentuk penerapan demokrasi di sekolah.

B.      B. Musyawarah kelas

Musyawarah kelas merupakan sarana untuk melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.

C.      C. Kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan sarana untuk mengembangkan bakat dan minat siswa.

D.      D. Pembelajaran

Pembelajaran merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi kepada siswa.

5. Berikut adalah beberapa contoh penerapan demokrasi di sekolah:

  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya dalam pembelajaran.
  • Siswa terlibat dalam perencanaan kegiatan sekolah.
  • Sekolah memiliki peraturan yang dibuat secara demokratis.
  • Guru dan siswa saling menghormati perbedaan pendapat.
  • Penerapan demokrasi di sekolah dapat menjadi sarana untuk mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang demokratis.

B. OSIS dan MPK

1. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

OSIS adalah organisasi intra sekolah yang dibentuk di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebagai sarana untuk mewadahi kegiatan siswa. OSIS merupakan organisasi yang otonom, yang artinya OSIS dibentuk dan diurus oleh siswa sendiri, dengan bimbingan dan pengawasan dari guru pembina.

2. Tujuan OSIS

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Meningkatkan kualitas diri siswa
  • Demokratis serta bertanggung jawab.
  • Meningkatkan mutu dan hasil belajar siswa.
  • Meningkatkan peran serta siswa dalam proses pembelajaran.
  • Meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya budaya sekolah.
  • Meningkatkan peran serta siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  • Meningkatkan upaya memajukan dan memajukan sekolah.

3. Struktur Organisasi OSIS

Struktur organisasi OSIS terdiri dari Pembina OSIS, Pengurus OSIS, dan Anggota OSIS.

·         Pembina OSIS

Pembina OSIS terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Pembina OSIS bertugas membimbing, membina, dan mengawasi kegiatan OSIS.

·         Pengurus OSIS

Pengurus OSIS terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Pengurus OSIS dipilih oleh siswa melalui proses pemilihan yang demokratis. Pengurus OSIS bertugas melaksanakan program kerja OSIS.

·         Anggota OSIS

Anggota OSIS adalah seluruh siswa di sekolah tersebut. Anggota OSIS berhak dan berkewajiban mengikuti kegiatan OSIS.

4. Tugas OSIS adalah:

  • Mengelola kegiatan kesiswaan.
  • Menyusun program kerja OSIS.
  • Melaksanakan program kerja OSIS.
  • Membina dan mengembangkan organisasi intra sekolah.
  • Meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya budaya sekolah.
  • Meningkatkan peran serta siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

5. Majelis Perwakilan Kelas (MPK)

MPK adalah organisasi yang dibentuk di tingkat kelas sebagai sarana untuk mewadahi aspirasi dan kepentingan siswa di tingkat kelas. MPK merupakan organisasi yang otonom, yang artinya MPK dibentuk dan diurus oleh siswa sendiri, dengan bimbingan dan pengawasan dari guru pembina.

6. Tujuan MPK

  • Mewakili aspirasi dan kepentingan siswa di tingkat kelas.
  • Meningkatkan peran serta siswa dalam kegiatan kelas.
  • Meningkatkan kedisiplinan siswa.
  • Meningkatkan prestasi siswa.
  • Struktur Organisasi MPK


·         Struktur Organisasi MPK

Struktur organisasi MPK terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Pengurus MPK dipilih oleh siswa melalui proses pemilihan yang demokratis. Pengurus MPK bertugas melaksanakan program kerja MPK.

7. Tugas MPK

Tugas MPK adalah:

·         Mewakili aspirasi dan kepentingan siswa di tingkat kelas.

·         Meningkatkan peran serta siswa dalam kegiatan kelas.

·         Meningkatkan kedisiplinan siswa.

·         Meningkatkan prestasi siswa.

8. Perbedaan OSIS dan MPK

OSIS dan MPK adalah dua organisasi yang berbeda, meskipun keduanya berada di lingkungan sekolah. Berikut adalah perbedaan antara OSIS dan MPK:

Aspek

OSIS

MPK

Kedudukan

Organisasi intra sekolah

Organisasi perwakilan kelas

Tugas

Mengelola kegiatan kesiswaan

Mewakili aspirasi dan kepentingan siswa di tingkat kelas

Struktur organisasi

Terdiri dari pembina, pengurus, dan anggota

Terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota

Pemilihan

Melalui proses pemilihan yang demokratis

Melalui proses pemilihan yang demokratis

Kewenangan

Memiliki kewenangan untuk mengawasi kegiatan OSIS

Memiliki kewenangan untuk mengajukan usul dan saran kepada OSIS

 Tugas 

Setelah mempelajari materi diatas, kerjakanlah tugas berikut ini :



Posting Komentar

0 Komentar